Ambil bagian dalam penerimaan Delegasi Colombo Plan, Perpusdes Handayani perkenalklan batik ecoprint

Administrator 15 Agustus 2024 21:56:05 WIB

WONOSARI (KabaRe) - Kegiatan penerimaan kunjungan delegasi Colombo Plan dalam rangka program berbagi pengetahuan tentang transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tersebut dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul pada Kamis (15/8). Adapun keterlibatan Perpusdes Handayani dalam ajang tersebut tak lepas dari kontribusi dan peran serta Perpusdes Handayani dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan perpustakaan berbasis pemberdayaan masyarakat selama ini.

The Colombo Plan adalah sebuah organisasi nirlaba yang mencakup konsep upaya kolektif antar pemerintah untuk memperkuat pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara anggotanya diwilayah Asia Pasifik. Dalam kunjungan hari ini hadir delegasi dari 12 negara yakni Bangladesh, Bhutan, Laos, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Nepal, Sri Lanka, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.
 
Perpusdes Handayani yang menjadi salah satu pengisi Lapak Literasi hadir dengan membawa produk UMKM binaannya, diantaranya produk kain ecoprint, aneka produk olahan aloevera, serta aneka makanan ringan olahan berbasis pertanian. Salah satu yang menarik perhatian pengunjung yakni batik ecoprint hasil produksi kelompok Ron Rinonce.
 
Stand Guide Perpusdes Handayani, Eka Rohmawati menjelaskan, event yang dilaksanakan pada hari ini menjadi momentum yang baik untuk memperkenalkan produk kain batik ramah lingkungan tersebut kepada anggota delegasi. Para pengunjung juga tampak antusias mendengarkan penjelasan terkait proses pembuatan kain dengan pewarna alami yang digunakan untuk membuat aneka produk fashion tersebut.
 
"Alhamdulillah, selain menjadi media untuk lebih mengenalkan produk khas Rejosari ke pasar internasional, event kali ini juga banyak pengunjung yang mengapresiasi dan membeli produk Perpusdes Handayani. Terimakasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul yang telah memberi kami kesempatan dan peluang untuk belajar dan terus berkembang", demikian pungkasnya. (ES)
 
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung