Seleksi Pemuda Pelopor Tahun 2024, geliat karya pemuda tani milenial dari sudut Gunungkidul

Administrator 06 Mei 2024 21:34:16 WIB

REJOSARI (KabaRe) - Mimpi besar serta harapan para pemuda yang tergabung di dalam Kelompok Tani Millenial Trubus Makmur, Dusun Klepu Kalurahan Rejosari, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pertanian, setapak demi setapak mereka wujudkan.

Berbagai upaya dan terobosan senantiasa mereka lakukan guna mendapatkan atensi dari berbagai pihak guna meningkatkan kapasitas dan eksistensi mereka. Salah satu yang dilakukan yakni dengan mengikuti Seleksi Pemuda Pelopor Tahun 2024 tingkat Kabupaten Gunungkidul.
-
Adalah Rizky Anugrah Ramadhani, seorang pemuda yang concern terhadap dunia pertanian khususnya dibidang holtikultura. Berkat kecintaannya pada dunia pertanian, beberapa tahun yang lalu ia bersama beberapa teman yang memiliki passion dibidang pertanian mendirikan Kelompok Tani Millenial Trubus Makmur yang eksis melakukan berbagai kegiatan pertanian mulai dari pembibitan hingga produksi berbagai varietas tanaman holtikultura dilahan yang ada disekitar wilayah padukuhan Klepu.
-
Bersama kelompok Trubus Makmur ia ingin merubah mindset masyarakat yang selama ini lebih memilih membiarkan lahan terbengkelai selama musim kemarau, untuk dijadikan lahan hijau tanaman holtikultura semisal cabai, bawang, serta sayur mayur dengan produktivitas tinggi, dengan teknik pertanian modern.
-
Kepesertaannya dalam kontes Pemuda Pelopor sendiri tak lepas dari dukungan rekan-rekan kelompok untuk lebih dapat mengeksplor potensi serta mendapatkan pengalaman baru secara organisasi. Dalam verifikasi lapangan yang dilakukan oleh tim verifikasi Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Gunungkidul pada Kamis (2/5) di sekretariat kelompok, dipresentasikan berbagai program pertanian andalan kelompok trubus makmur millenial yang dijalankan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
-
Program Pemuda Pelopor sendiri merupakan program kontestasi berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga tingkat Pusat, guna menyeleksi berbagai program kepeloporan pemuda di bidang pendidikan, seni budaya, pengelolaan sumber daya alam lingkungan dan pariwisata, bidang pangan, serta inovasi teknologi.(ES)
 
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung