Bangun fasilitas sumur bor pertanian, Kelompok Tani Lumintu diguyur dana ratusan juta.

Administrator 06 Mei 2024 21:28:32 WIB

REJOSARI (KabaRe) - Dana untuk pembangunan sarpas program bernama resmi Irigasi Air Tanah Dalam tersebut bersumber dari DAK Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, senilai 285 juta. Berdasar informasi yang disampaikan oleh Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Yatimah, pada saat sosialisasi, Kamis (25/4), bertempat di sekretariat kelompok di Dusun Kaligayam Kidul, dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan 3 titik sumur bor beserta sarpras pendukung berupa penampungan dan jaringannya.

Pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan secara swakelola oleh Kelompok Tani Lumintu dengan asesmen dari pendamping teknis yang sudah ditunjuk oleh dinas. "Kelompok tidak perlu khawatir terkait dengan pelaksanaan kegiatannya, karena ada pendamping teknis yang akan memberikan pendampingan baik secara administratif maupun teknik guna memperlancar pelaksanaan kegiatan. Kegiatan akan dibagi menjadi 3 tahap yang mulai bulan depan (Mei) ini sudah bisa mulai dilaksanakan", demikian jelasnya.
 
Kelompok Tani Lumintu sendiri telah lolos dalam tahap verifikasi awal yang telah dilakukan sejak tahun lalu, sehingga ditetapkan menjadi salah satu kelompok penerima bantuan fasilitasi. Ketua Kelompok Tani Lumintu, Pujo Wasito mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan sehingga kelompoknya bisa ditetapkan sebagai penerima bantuan.
 
"Permasalahan air menjadi masalah klasik dibidang pertanian, semoga dengan adanya bantuan ini kelompok kami bisa terus produktif terutama dimasa-masa krisis air, dengan produktivitas tanaman pangan yang meningkat insya'allah juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat," demikian ungkapnya.
 
Sedangkan Joko Sriyanto yang hadir mewakili Pemerintah Kalurahan Rejosari, berharap adanya fasilitasi dari pemerintah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung program pertanian terutama tanaman pangan sebagaimana tajuk program ini. "Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Kalurahan senantiasa mendukung penuh upaya peningkatan kapasitas masyarakat. Kami sangat mendukung adanya program bantuan ini, kedepan pemerintah kalurahan siap berkolaborasi dengan Pemkab Gunungkidul guna mengembangkan kegiatan yang ada di Kaligayam Kidul ini maupun program-program yang lainnya," demikian pungkasnya. (ES)
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung